Tips Trik Merayakan Hari Kemerdekaan RI Biar Gak Bosenin

Hiburan —Senin, 16 Aug 2021 20:30
    Bagikan  
Tips Trik Merayakan Hari Kemerdekaan RI Biar Gak Bosenin
Image/ Pinterest

MANDALIKA, DEPOSTMANDALIKA

Duhh, sejujurnya Admin mau nabok muka sendiri ini. Alhasil kaerna sudah buat judul tulisan ini jadi aneh gitu, eh tapi nampaknya juga cukup clickbait yaa, ehehehe. Iya, mau naboknya itu karena mikir dan jadi refleksi ke diri sendiri juga sih, kenapa mesti bosan merakayakan Hari Kemerdekaan tanah air, negara, bangsa sendiri? Apanya sih yang bikin capek sampai kamu bosan? Sampai kamu lesu dan nggak bergairah buat menyemarakkan hari spesial yang datangnya cuma setahun sekali ini? Duhh, parah banget memang yak kamu hanya ngerasa bosan buat merayakan hari kemerdekaan yang tinggal dirawat dan dicintai plus dihormati saja.

Dulu mah, para pahlawan kita sudah berjaung keras pakai bambu runcing seadanya yang diasah pakai pisau di dapur maknya. Ibadah lima waktu di tengah deru-debu mesiu. Bom ledakan mengusik tidur siang maupun tidur malam, bahkan pun nggak ada kenal kata tidur sepertinya. Nggak bisa belajar ke sekolah, belajar di rumah pun pasti lampu seadanya. Listrik diputus, buku-buku disita, dan bahkan dijadikan rodi alias kerja paksa zaman Belanda, berlanjut lagi ke zaman penjajahan Jepang ada Romusha, sampai Amerika yang dengan embel-embelnya NICA pun sempat menggandeng kolonial Belanda buat datang lagi pasca kemerdekaan’45, pun memunculkan dua agresi militer di bulan-bulan selanjutnya.

Merdeka yang tiba-tiba penuh dengan haru debu biru dan habisnya air mata lagi. Sekarang mah, lumayan gampang. Alias ya musuh ktia bukan para penjajah dengan senjata. Tapi dengan otak, dan kadang saudara kita di samping rumah atau yang se-RT, se-daerah yang mesti dijaga. Alias masing-masing harus sama-sama mengerti dan nggak boleh adanya saling recok-merecoki apalagi terhasut isu sana-sini, sampai tega bakar rumah warganya sendiri, seibadah lagi.

Baca juga: Cek, Pakai, dan Bagikan Ucapan Keren Hari Kemerdekaan 17 Agustus Ini Yok!

Baca juga: Ramalan Zodiak Senin 16 Agustus 2021 Taurus Tidak Bisa Mengendalikan Perasaan, Libra Merasa Kecewa dengan Keadaan


Duhh, Indonesia ayok dong kita semangat bersatu dan saling menjaga. Tenggang rasa dan toleransi lhoo gitu. Kan sudah jelas kita ini bhinneka tunggal ika. Mau dibuka selebar apa lagi dada Burung Garuda itu sampai kelima simbolnya jelas di mata kita semua? Dipahami betul-betul sampai ke hati dan otak. Bukannya masuk mata kanan, keluar telinga kiri. Ehh, maksudnya masuk telinga kanan, keluar di telinga kiri. Kan ngeri-ngeri sedap nggak sih kalau seandainya penjajahan pakai senjata dimulai lagi. Pernah nggak sih Sobat Mata Jateng yang lagi baca ini nih kepikiran sampai ke sana?

Duhh, yok dong perbanyak berpikir. Hanya karena dengan berpikir maka kita ada.
Okay deh, Mimin bakal lanjut mikir dan refleksi ke diri sendirinya nanti lagi. Kalau Sobat Mata Jateng mau ikutan, nyokk silakan berefleksi sendiri. Apa kontribusi Sobat Mata Jateng hingga umur yang tua di hari ini? Kontribusi buat bangsa, negara, atau setidaknya di lingkup masyarakat kecil di sekitar Sobat Mata Jateng, apa?

Baik, di bawah ini sudah Mimin siapkan beberapa tips dan trik menarik yang pastinya bakal tidak membuat Sobat Mata Jateng suntuk untuk mengisi Hari Kemerdekaan. Dan emang iya, nggak boleh dan nggak ada alasan untuk tidak merayakan hari spesial kita bersama ini lhoo, Sobat. Ya, kan? Ini hari kita. Hari ultah kita. Kalau Mimin tuh ya, mikir kalau Mimin itu lahir ke dunia ini tiga kali, pertama di hari benar-benar lahirnya Mimin, kedua di hari project Mimin (Mimin btw ada ngebina sebuah project tentang perdamaian gitu). Nah, terakhir baru hari kemerdekaan bangsa kita ini. Okay deh langsung saja check it below :)

Pasang semua aneka dekorasi yang bernuansa merah dan putih di sekeliling rumah Sobat Mata Jateng semua. Baik itu bendera merah putih dengan tiangnya, atau umbul-umbul merah putih, atau kertas-kertas yang dipotong dan dibentuk jadi aneka dekorasi cantik. Lampu-lampu neon yang kerlap-kerlip merah putih di malam hari, nah cocok itu!

Baca juga: Setiap Bulan Suro, Budayawan Jawa Lakukan Ritual Jamasan Pusaka

Baca juga: Di Hari Jadi Ke-71 Pemprov Jateng, Ganjar Serahkan Ribuan Paket Sembako


Termasuk kalau bisa pasang juga di kamar tidur sampai ke dapur Sobat juga. Kenapa? Ya, biar atmosfer cinta tanah airnya itu semakin meluap-luap lho, sekaligus jadi ingatan ke adik-adik dan keluarga serumah juga kan kalau sudah sepantasnya ktia mencintai negeri sendiri ini. Kan hanya hari itu saja, sekali setahun. Apa ruginya sih merayakan hari sendiri?

Tonton aneka film yang mensaratkan cinta tanah air danpesan untuk kembali semangat berjuang. Hal ini itu buat menaydari kalau semangat kita dan gairah hidup kita nggak boleh kalah sekalipun di masa pandemi ini. Dan juga harus dijaga kekompakan sebangsa setanah air.

Unggah betapa semaraknya perayaan Dirgahayu RI versi Sobat ke aneka lini media sosial. Zaman sekarang yang secanggih ini, biarkan suaramu dan ceritamu didengar dong sama khalayak ramai. Ihh, masak media sosial isinya percintaan atau quote-quote galau. Nggak level ahh, malu tauk! Pasang twibbon, unggah caption yang kece (bisa check mah caption versi English a la Mata Jateng bagaimana).

Nah, terus, pasang foto keren bareng sang saka merah – putih juga oke. Atau kutip moment bareng belajar guru Sejarah, dsb.
Buat kue yang berhias kata selamat Dirgahayu RI lalu unggah ke media sosial. Atau bisa juga Sobat ngerangkai aneka kembang api, buat bareng-bareng Teman. Bahkan bisa juga setengah atau sebagian hasil penjualan nantinya dijadikan project kemanusiaan misalnya, disedekahkan buat para veteran di berbagai wilayah, dan sebagainya. Lalu unggah aksi keren itu ke media sosial biar banyak yang bergabung dan terinspirasi. Jadi promotor dong, bukan follower mulu ah!
Dan masih banyak lagi pokoknya aksi semarak yang harusnya bisa Sobat Mata Jaeng desain dan inisiasi sendiri. Inisiatif dong, jadi nggak ada istilahnya di kamus otak kita itu tentang hidup ayng nggak bergairah apalagi bosan kalau harus ngerayakan kemerdekaan bangsa sendiri! Huhuhu :(


Salam Dirgahayu RI dari Mimin yang cantik jelita! Maaf maaf bercanda. :)) (Dyah)

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait