Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Kalau Ingin Memotret Objek Melalui Handphone

Hiburan —Kamis, 9 Sep 2021 15:07
    Bagikan  
Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Kalau Ingin Memotret Objek Melalui Handphone
Kira-kira apa ya yang harus kita perhatikan nih Sobat dePost Mandalika ketika mengambil gambar alias merekam suatu objek ketika/Pinterest

MANDALIKA, DEPOSTMANDALIKA

Kira-kira apa ya yang harus kita perhatikan nih Sobat dePost Mandalika ketika mengambil gambar alias merekam suatu objek ketika pakai smartphone? Hmm, ngapain diperhatikan Min. Nanti dia caper. Ihh, bukan gitu lho. Ngapain diperhatikan Min, kan bisa kita tinggal edit di lightroom atau berbagai aplikasi editing video mah sudah banyak yang bagus sekarang, di Instagram juga beragam sekali editing style-nya. Hmm bukan gitu juga ceunah. Hihii, jadi gini kalau dalam proses pengambilan gambar objek di smartphone-nya kita sudah paham dan handal maka dengan kamera jadul pun pasti akan mampu kita menghasilkan objek yang super proporsional. Hm, gitu ya Min? Iya dong, ih masak baru tahu sih.

Nah, biasanya selain lighting side, ada beberapa hal lain lagi dong tentunya yang bisa dipahami. Apa saja itu? Kita mesti lihat dan pelajari sejenak di bawah yak, Sobat dePost Mandalika!

Selain lightroom, tentunya sebuah objek baik itu makanan, minuman atau apapun akan lebih manis dan unik kalau digabungkan dengan segelintir properti. Yah bisalah disebut dengan foto minimalis dan bagi kamu yang beginner nih Sobat dePost, tentu memasukkan properti kecil-kecilan ke objek yang akan difoto itu penting banget untuk mendukung proporsionalitas maupun daya estetikanya lhoo. Dan itu bisa menambah kesan tersendiri, baik itu brigh side nya lah atau dinamic side nya yang tentunya mahal banget nih ilmu kalau belajar di pemotretan langsung. Emang ada Min tempat studi pemotretan? Yah, ada dong, Sobat.

Baca juga: Tips Trik Keren Memotret Makanan Via Smartphone

Baca juga: How to Make Chocolate Filled Dorayaki Very Easy

Nah, jadi properti apa saja yang bisa kita gunakan nih ya, misalnya saja properti alam, non-alami, atau yang selain kedua properti itu. Untuk properti alami tentunya kita bisa nih memadukan objek makanan atau minuman yang ita foto dengan aneka rempah atau bahan makanannya, herbal stuffs, atau mungkin buah-buahan juga bisa banget.

Sedangkan untuk properti non-alami sendiri itu bisa banget letakin serbet alias napkin bahasa kerennya plus taplak meja, bisa ditambah pula lho dengan aneka cooking tools lainnya seperti peralatan masak yang berbahan wood atau kayu lah biar nampak kesan minimalis manisnya atau kesan tradisionalnya, atau bisa juga naruh tatakan gelas atau aneka piring. Kalau properti lainnyayang nggak masuk dalam kedua kelompok tadi di atas ya tentunya bisa yang lain seperti ngeletakin aneka remah kue kering, gula halus atau katrol, bisa juga nih glaze atau aneka sausage plus bawang goreng. Dan lain-lain deh yang pastinya bisa dipikir dapat menambah nilai estetika tersendi buat si objek yang akan di-shoot.

Tapi ya Sobat, tentu ada catatan penting juga dong ya. Catatan penting yang mesti banget nggak boleh dilanggar alias mesti diingat, seperti halnya kalau untuk memotret aneka makanan atau minuman yang warnanya penuh alias warna-warni seperti es campur lah atau layaknya wedang ronde, hmm, tolong itu properti jangan pula pakai napkin yang gelap banget, sebaliknya bisa lho dipasangkan sama properti yang cukup colorful atau warnanya cerah, seperti ya napkin yang berwarna terang terus ditambah dengan tatakan mangkuk atau piring kecil plus susu kental manis plus serutan es lah, etc.

Framing juga nyatanya sisi penting buat dipahami dalam ilmu pemotretan, Sobat. Teknik yang tepat untuk menentukan framing objek ini taktiknya adalah dengan mengambil graming top view kira-kira sebesar 45 derajat lah ya. Jadi maksud top view-nya itu ya berarti kita harus memosisikan kamera kita tepat pas berada di atas makanan atau objek yang akan di-shoot, nah terus 45 derajat nya ini diartikan bahwa posisi kamera harus cukup miring dari makanan, jadi bisa ditambah naik kursi Sobatnya demi memperoleh jepretan terbaik lho ya.

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait