Pagelaran Budaya di Prambanan, Sendratari Ramayana

Hiburan —Sabtu, 9 Oct 2021 23:56
    Bagikan  
Pagelaran Budaya di Prambanan, Sendratari Ramayana
Pagelaran Budaya di Prambanan, Sendratari Ramayana/ Pinterest

MANDALIKA, DEPOSTMANDALIKA

Dengan dibukanya kembali wisata prambanan yang sudah percobaan untuk kembali normal, kini Trimurti Theater Indoor bersama Borobudur Sunrise Tour kembali mengadakan pagelaran Sendratari Ramayanan yang akan di adakan di Prambanan.

Sendratari Ramayana Prambanan adalah singkatan dari kata seni drama dan tari artinya seni drama yang ditarikan. Yang sebelumnya disebut Ramayana Ballet.


Ramayana Ballet Setiap Bulan Nopember sampai dengan Bulan April diadakan di Gedung Trimurti  Setiap Hari Selasa, Kamis dan Sabtu jam 19.30-21.30 . Selama Pandemi ini trial diadakan Setiap hari Sabtu jam 19.30-21.30 di Gedung Trimurti

foto : Borobudursunrise


Untuk bulan Mei sampai dengan Bulan October diadakan di Panggung Terbuka Setiap Hari Selasa, Kamis dan Sabtu jam 19.30-21.30 dan ada jadwal tambahan hari-hari tertentu bedasarkan kalender yang kami sampaikan.


Keistimewaan panggung terbuka di Prambanan adalah pada ukuran yang besar 14 m X 50 m dan dibangun sebagai bangunan yang menyatu dengan Candi Prambanan ( Candi Siwa) sebagai latar belakangnya dan menyatu dengan lingkungan alam yaitu Gunung Merapi serta langit biru sebagai dekorasi alamnya. Selama Pandemi Covid -19 bulan Mei – Oktober 2020 ditutup total. Untuk jadwal di tahun 2021 belum keluar.

Baca juga: Menikmati Keindahan Brown Canyon

Baca juga: Resep Makanan: Cara membuat Ramen Burger Lezat Anti Ribet


Sinopsis Ramayana Ballet

Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana diawali dengan kemenangan Rama dari sebuah kompetisi memanah. Kompetisi ini diadakan untuk mencari kesatria terbaik yang akan menikah dengan anak perempuan Raja Mantili yaitu Putri Shinta. Pada akhir kompetisi memanah itu Rama dari Kerajaan Ayodya keluar sebagai pemenangnya. Kemudian mereka menikah dan pergi kehutan Dandaka dengan Laksmana saudara laki-laki Rama. 

Dihutan Dandaka, Rahwana menculik Shinta dan dibawa ke Alengka. Untuk merbut kembali Shinta, Rama dibantu oleh Hanoman dan pasukan kera membangun jembatan menuju kerajaan Alengka untuk membebaskan Shinta. Terjadilah pertempuran besar anatara kerajaan Alengka melawan Ayodya. Pasukan kera melawan para raksasa yang menjaga kerajaan Alengka.Ayodya dalam sayembara untuk mendapatkan Shinta. Setelah memenangkan sayembara tersebut Rama, Leksmana dan Shinta mengembara di hutan Dandaka.

foto : Borobudursunrise

Cerita ini diakhiri dengan kematian Rahwana oleh panah milik Rama dan bertemunya kembali Rama dan istrinya Shinta. Namun Rama menolak Shinta karena meragukan kesucian Shinta. kemudian Shinta membakar diri untuk membuktikan kesucian dirinya. Shinta terselamatkan dari api dan hal tersebut membuktikan bahwa Shinta masih suci. Akhirnya Rama dan Shinta bersatu kembali.

Untuk pemesanan tiket kamu bisa mengunjungi web http://www.borobudursunrise.net/news162-jadwal-dan-harga-ramayana-ballet-prambanan.html

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait