Salesman Hebat (Parts 1), Kunci Sukses Menjadi Salesman Hebat 80% Motivasi, Benarkah?

Pendidikan —Jumat, 13 Aug 2021 15:36
    Bagikan  
Salesman Hebat (Parts 1), Kunci Sukses Menjadi Salesman Hebat 80% Motivasi, Benarkah?
Image/Pinterest

MANDALIKA, DEPOSTMANDALIKA 

By Bang Haji

Hampir tidak ada orang yang bercita cita menjadi salesman!. Kalau di survey bahkan banyak yang masih bingung menjawab, apa cita-cita hidupnya yang sebenarnya.

Saya mau masuk surga, Saya mau jadi dokter, insinyur, polisi, guru, dan lain-lainya. Ini jawaban sejak TK (yang notabene dibisikkan orang tuanya), mungkin setelah SMA atau kuliah baru rada yakin punya cita-cita.


Setelah wisuda sarjana, melamarlah sesuai dengan cita cita dan impian, tapi apa daya? daya tampung lapangan kerja hampir tidak pernah seimbang!. Apalagi sejak pandemi ini, ada lowongan sudah seperti keajaiban, bagaikan setetes air di padang nan tandus.

Lowongan tersisa, tinggalah bagian sales, sales...sales lagi!.
Lowongan yang tidak pernah di mau atau di mimpikan dalam hidup. Mungkin yang daftar hanya 5% - 10% nya saja.
Mayoritas tak bergaji atau gaji pokoknya rendah, income tergantung prestasi penjualan!.

Penjualan adalah darahnya semua bisnis usaha! Jadi bagian ini justru menjadi bagian yang paling masuk surga (guyon hehe..). Tanpa penjualan yang cukup pabrik dan bisnis apapun tidak bisa langgeng, tidak kuat survive, tidak bisa sustain growth!.


Baca juga: Polisi Berhasil Amankan 24 Orang yang Diduga Terlibat dalam Selebaran Provokatif di Blora

Baca juga: Santri dari Miptahul Huda Al Azhar Citangkolo Kota Banjar Antusias Divaksin


Sayangnya hampir semua perguruan tidak mengajarkan cara berjualan atau cara menjadi penjual hebat!. Paling hanya kursus kursus atau seminar yang dilakukan praktisi.

Jadi, rata rata salesman Indonesia (mungkin di dunia ini) hanya berbekal Doa dan motivasi dan atau kepepet. Ini adalah temuan para praktisi salesman dan atau pelatih salesman.
Pelatihan salesman yang paling penting adalah membangkitkan motivasi, semangat, gairah, pantang menyerah untuk bisa menjual dan capai target. Selebihnya product knowledge (produk), jenis konsumen serta area wilayahnya.

Banyak salesman keluar masuk, faktor utama menyerah duluan, faktor terpenting lain untuk sukses ya pelatihnya! Seniornya, atasanya. Merekalah yang akan dilihat pertama dan jadi panutan, benchmarch untuk para new comer.
Pelatih dan senior memble, akan sangat berdampak pada motivasi.
Salesman akan banyak ketemu pelanggan, akan banyak keliling wilayah, pengetahuan geografis dan lainya jadi kunci sukses juga. Kita bahas di tulisan tulisan selanjutnya yang pasti seru.

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait