Pantai Seger Kuta Lombok: Daya Tarik, Rute, Fasilits, dan Tiket Masuk

Wisata —Kamis, 22 Jul 2021 15:00
    Bagikan  
Pantai Seger Kuta Lombok: Daya Tarik, Rute, Fasilits, dan Tiket Masuk
foto: http:disbudpar.ntbprov.go.id

LOMBOK, DEPOSTMANDALIKA 

Pantai-pantai di Lombok memang sudah lama dikenal indah dan menakjubkan. Hal ini yang membuat Lombok kini jadi salah satu tujuan favorit wisatawan mancanegara. Panorama alam perawan dan jarang terjamah manusia menjadi salah satu tujuan para turis. Salah satunya adalah Pantai Seger.

Pantai Seger termasuk salah satu yang wisata melegenda dan populer. Pantai ini sebenarnya masih segaris dengan Pantai Kuta Lombok. Kedua destinasi itu hanya terpisah jarak sekitar dua kilometer. Masyarakat Sasak yakin bahwa Pantai Seger merupakan lokasi Putri Mandalika menenggelamkan diri. Hingga kini, legenda tersebut terus dilestarikan melalui Festival Bau Nyale.

Pantai Seger termasuk salah satu yang wisata melegenda dan populer di Kabupaten Lombok Tengah. Posisi tepatnya ada di wilayah Desa Sukadane, Kecamatan Pujut. Termasuk salah satu wisata andalan Mandalika, Jika Anda datang dari Bandara Internasional Lombok atau sekitarnya, para wisatawan akan membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke tujuan. Jika berangkat dari Kota Mataram, bisa membutuhkan waktu 1 jam.

Obyek Wisata di Pantai Seger

Pemandangan Alam yang Menawan

Meski telah banyak campur tangan manusia, tetapi kawasan di pantai ini tetap memberikan atmosfer yang sangat alami. Pasirnya terbilang unik, memiliki bukit-bukit unik, dan bisa melihat Batu Tengkong ketika pasang surut. Keindahannya semakin terasa ketika dikunjungi pada musim kemarau di hari yang cerah.

Anda bisa melihat sunset yang indah dan pemandangan gunung nampak lebih jelas tanpa kabut. Namun ketika musim penghujan datang, di sana akan terasa sejuk dan tampak lebih hijau, cocok bagi Anda yang ingin merefresh otak dengan udara sejuk. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat Bukit Seger dari dekat dan jelas dari kawasan pantai ini. Cocok dijadikan sebagai latar belakang ketika Anda hendak mengambil gambar.

Snorkeling, Berenang, dan Berselancar

Seperti pantai-pantai pada umumnya, tentu kalian bisa melakukan snorkeling, berselancar, berenang, atau sekedar bermain air dengan kaki-kaki Anda. Untuk wisatawan yang suka dengan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut, mungkin bisa mengunjungi pantai yang satu ini karena di sana terdapat banyak terumbu karang dengan berbagai macam jenis ikan hias.

Tidak hanya itu, ombaknya juga terbilang cukup baik untuk digunakan peselancar untuk berselancar. Ombaknya tidak ganas, namun tidak terlalu tenang. Cocok juga untuk Anda yang ingin berenang karena ada beberapa sisi pantai yang memiliki perairan tenang, cocok untuk wisatawan yang ingin berenang atau diving.

BACA JUGA: Kabar Gembira! Bantuan Rp 600 Ribu untuk Pekerja Swasta Bergaji di Bawah Rp 5 Juta Besok Cair

Ritual Bau Nyale

Pemandangan, pantai, laut, atau aktivitas yang dilakukan di sana mungkin sudah biasa dan bisa ditemukan di pantai-pantai lain, tapi jike berbicara tentang sejarahnya, tidak akan pernah sama dengan pantai atau destinasi wisata yang lain. Jika beruntung, Anda bisa melihat Ritual Bau Nyale pada bulan februari sampai maret, Anda sebagai wisatawan juga bisa turut serta.

Nyale sendiri merupakan mitos di mana warga setempat percaya bahwa cacing laut adalah jelmaan Putri Mandalika. Tradisi ini sudah berlangsung cukup lama. Cara untuk ikut serta juga tidak terlalu susah, Anda diharuskan untuk mencari cacing laut sebanyak-banyaknya kemudian mengelolanya menjadi makanan yang enak disantap.

Fasilitas di Pantai Seger

Fasilitas yang ditawarkan oleh pantai ini karena terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Beberapa fasilitasnya adalah warung makan, penginapan sederhana, lokasi parkir, toilet, kamar ganti, tempat untuk istirahat, jembatan, pondok-pondok, dan patung yang dibangun untuk mengenang sejarah dan tradisi. Jangan bingung berikut alternatif penginapan untuk bermalam selama liburan, ada beberapa penginapan terdekat yang bisa Anda pilih seperti Aerotel Tastura , Novotel Lombok, Pipe Dream, dan Villas, Siesta House.

Anda bisa mengunjungi pantai ini setiap saat karena terbuka 24 jam. Kemudian untuk tiket masuknya cukup mengeluarkan dana sekitar Rp 5 rb sampai Rp 10 rb per orang. Dengan catatan, harga bisa berubah kapanpun tergantung pengelola wisata. Tentu semua biaya tersebut tidak termasuk jika Anda menyewa kendaraan, penginapan, atau fasilitas di dalamnya jika diwajibkan untuk membayar. Rasanya cukup terjangkau mengingat pengalaman yang diberikan pantai ini cukup bagus.

Editor: Admin
    Bagikan  

Berita Terkait