Pesona Taman Wisata Pusuk Sembalun: Daya Tarik, Rute, Fasilitas dan Tiket Masuk

Wisata —Jumat, 23 Jul 2021 13:28
    Bagikan  
Pesona Taman Wisata Pusuk Sembalun: Daya Tarik, Rute, Fasilitas dan Tiket Masuk
foto: disbudpar.ntbprov.go.id

MANDALIKA, DEPOSTMANDALIKA 

Taman Wisata Pusuk Sembalun berlokasi di kawasan lereng Gunung Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur. Spot wisata ini menyuguhkan semacam gardu pandang dengan pemandangan unik di ketinggian sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut.

Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan hijaunya hutan dan pegunungan. Selain menyegarkan, tempat ini juga Instagramable banget.


Rute Menuju Pusuk Sembalun
Jika pemberangkatan awal anda dari Mataram, maka perjalanan harus menuju ke arah Kabupaten Lombok Timur terlebih dahulu.

Adapun jarak tempuh dari Mataram menuju Lombok Timur sekitar 65 kilometer, dengan rata-rata waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.


Harga Tiket Masuk Pusuk Sembalun
Tiket masuk Taman Wisata Pusuk Sembalun Rp. 5.000
Parkir mobil Rp. 5.000
Parkir motor Rp. 2.000



Jam Buka Taman Wisata Pusuk Sembalun
Taman Wisata Pusuk Sembalun buka setiap hari, dari hari Senin – hari Minggu.
Taman Wisata Pusuk Sembalun buka selama 24 jam.


Pesona Pusuk Sembalun Lombok
Pusuk Sembalun sendiri berasal dari Bahasa Sasak. Kata “Pusuk” berarti “Puncak”, sehingga Pusuk Sembalun berarti Puncak Sembalun. Di kawasan Pusuk Sembalun, wisatawan dapat menikmati keindahan Gunung Rinjani yang begitu mempesona dengan hutannya yang lebat dan nampak masih sangat alami.

Penduduk setempat bersama pemerintah daerah pun akhirnya menyediakan area khusus untuk tempat pandang, sehingga wisatawan bisa menyaksikan pemandangan alam nan indah dengan cara sudut yang sempurna.

Keindahan alam di Taman Wisata Pusuk Sembalun ini memang sangat luar biasa. Anda bisa memanjakan mata Anda dengan hamparan pegunungan yang diselimuti oleh pepohonan yang sangat rimbun.

BACA JUGA: Sade Vilage: Desa Tenun Tradisional dan Adat Suku Sasak Lombok

Selain itu, karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, di kawasan ini wisatawan juga bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang begitu curam dan menakjubkan. Belum lagi perbukitan, lembah, peternakan, dan pegunungan. Semua unsur di kawasan ini sangat mendukung untuk menampilkan keindahan alam yang sangat mempesona.

Ketika berkunjung ke taman ini, Anda juga harus bersiap-siap untuk berhati-hati. Sebab, di kawasan ini terdapat cukup banyak monyet liar. Berbagai perlengkapan yang Anda bawa harus bisa Anda amankan dari gangguan monyet liar ini. Akan lebih baik jika Anda juga menyiapkan beberapa makanan untuk bisa diberikan kepada monyet, sehingga barang Anda akan aman dan tidak direbut.



Fasilitas Pusuk Sembalun
Sebagai destinasi wisata yang memiliki potensi luar biasa, fasilitas yang tersedia di kawasan ini sudah sangat memadai dan dikelola dengan baik. Berikut ini adalah fasilitas yang akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke Kawasan Taman Wisata alam di Lombok ini :
• Area Parkir yang luas
• Toilet Umum
• Warung Makan
• Serta Sejumlah petugas untuk menjaga keamanan serta kebersihan kawasan taman
• Spot foto yang instagramable
Hal yang paling populer dari taman wisata ini adalah spot fotonya yang sangat menawan dan mengesankan. Dengan menaiki berbagai bukit yang ada di spot wisata ini, Anda akan mendapatkan sejumlah spot foto dengan background yang sangat mempesona dan instagramable. Selain itu, juga ada sejumlah properti yang disediakan untuk mempercantik hasil jepretan Anda.

Editor: Admin
    Bagikan  

Berita Terkait