Keindahan Air Terjun Madu Lombok

Wisata —Senin, 26 Jul 2021 11:06
    Bagikan  
Keindahan Air Terjun Madu Lombok
image/pinterest

LOMBOK, DEPOSTMANDALIKA 

Lombok seringkali disebut-sebut sebagai salah satu pulau tropis terbaik di Indonesia. Setelah Bali, Pulau Lombok selalu menjadi tujuan favorit bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.


Keindahan alam Lombok tak hanya terletak pada wisata baharinya saja. Beberapa objek wisata alam seperti air terjun juga cukup populer untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari luar pulau. Air terjun Madu merupakan salah satu lokasi air terjun terbaik yang dimiliki oleh Lombok.


Tak jauh dari Bukit Selong, Anda bisa sekalian menyambangi Air Terjun Madu. Lokasinya masih di daerah Sembalun, tepatnya di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.


Ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 20 meter. Airnya segar dan berwarna hijau kebiruan. Dari kejauhan, air terjun ini telah memancarkan keindahannya, sehingga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.


Bagi Anda yang membawa kendaraan roda dua atau roda empat, terdapat area parkir luas yang bisa dipergunakan untuk memarkirkan kendaraan dengan aman. Dari tempat parkir menuju lokasi air terjun, pengunjung perlu berjalan kaki lagi sekitar 350 meter. Selain tempat parkir, di sekitarnya terdapat warung makan dan tempat untuk ganti baju dan bilas.

BACA JUGA: Live Streaming Olimpiade Tokyo 2020: Penawaran VPN Terbaik

Rute menuju Air Terjun Madu terdapat dua akses yang bisa dilalui untuk menuju Air Terjun Madu, yakni melalui Lombok Timur dan jalur Lombok Utara.


Jalur Lombok Utara bisa Anda pilih dengna melewati sepanjang Jalan Pantai Senggigi kemudian Pemenang, lalu Tanjung, lalu Gangga, lalu Kayangan, lalu Bayan, dan sampai Kokok Putik. Di pertigaan Kokok Putik ini, Anda harus mengambil arah kanan atau arah menuju Sembalun, sehingga sampai di lokasi air terjun Madu.


Melalui Lombok Timur, maka Anda harus melewati Narmada, lalu Mantang, dan terus hingga sampai di Aikmel. Di Aikmel ini, Anda harus memilih jalan lurus atau arah Suela. Sampai di Suela Anda harus memilih arah kiri menuju Sembalun hingga sampai di Dusun Birak, lokasi Air Terjun Madu ini.


Setibanya di Dusun Birak, Anda akan melihat baliho atau plang besar sebagai petunjuk arah untuk sampai ke Air Terjun Madu. Dari titik ini, jarak Anda menuju Air Terjun Madu sekitar 1.500 meter. Anda hanya perlu terus mengikuti petunjuk jalan yang sudah tersedia. Untuk jalur menuju air terjun ini sudah halus dan aman untuk dilalui. Sekitar 10 menit, Anda akan sampai di lokasi Air Terjun Madu.


Harga Tiket Air Terjun Madu Lombok
Untuk bisa menikmati segarnya udara dan keindahan alam di sekitar kawasan Air Terjun Madu, Anda tidak perlu membayar tiket masuk atau karcis alias gratis. Hanya saja, Anda perlu membayar parkir untuk keamanan kendaraan seharga Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Sangat murah bukan untuk menikmati panorama keindahan alam yang bisa Anda dapatkan di Pulau Perawan ini.


Fasilitas di Air Terjun Madu Lombok
Beberapa fasilitas yang yang tersedia di kawasan Air Terjun Madu di antaranya adalah tempat parkir yang luas, warung makan, tempat bilas dan ganti. Untuk destinasi wisata yang satu ini masih tergolong baru di Pulau Lombok. Oleh karena itu, Air Terjun Madu ini masih dalam tahap pengembangan dan pengelolaan.

Editor: Admin
    Bagikan  

Berita Terkait